Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 31 Maret 2010

MAKALAH

FENOMENA BLACKBERRY

DI INDONESIA


Disusun oleh:

1. Ratnawati F A410070105

2. Aprilia Wahyu H A410070107

3. Erma Dwi A A410070115

4. Nuzul Putri Delina A410070148

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA

2010

BAB 1

PENDAHULUAN

Alat komunikasi yang tertua yang pernah dilakukan di dunia adalah isyarat. Isyarat yang digunakan biasanya asap atau suara-suara yang sengaja diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Tetapi menyampaikan pesan menggunakan asap bergantung dengan cuaca. Bila cuaca cerah asap sangat jelas terlihat, bila cuaca buruk asap sukar terlihat.

Akhir-akhir ini,teknologi dunia maya dibuat ramai oleh kemunculan Facebook. Seperti kita ketahui bersama bahwa sebelum lahir Facebook, lahir terlebih dulu yang namanya Friendster..dan masih banyak lagi. Dulu juga orang lebih mengenal Chatting dari pada yang lain. Dengan munculnya berbagai macam jejaring sosial/ pertemanan ternyata menjadi daya tarik bagi Research In Motion ( RIM ) untuk menciptakan suatu Gadget yang dapat melakukan semuanya itu..dan lahirlah apa yang dikenal banyak orang saat ini " BLACKBERRY ".

Bisa dikatakan bahwa RIM telah sukses menciptakan Blackberry. Bisa dikatakan sukses karena bisa " menguasai " manusia. Banyak orang yang ingin mendapatkan gadget tersebut tapi tidak sedikit pula orang yang menyadari bahwa diri mereka tidak membutuhkan gadget tersebut karena aktifitas mereka memang tidak membutuhkan gadget tersebut.

Beberapa bulan belakangan ini ponsel BlackBerry sedang naik daun, karena tidak hanya para artis dan tokoh ternama, tetapi para netter (pengunjung Internet) dan blogger (penyaji informasi) sudah mulai terkena demam BlackBerry (atau sering disingkat dengan BB). Milis ataupun blog khusus para “BlackBerryans” (saya sebut begitu) sudah banyak bermunculan, bahkan klubnya pun juga sudah mulai terlihat geliatnya.

Sebenarnya, apa keunggulan BlackBerry, sampai mampu memunculkan demam atau mode baru di dunia komunikasi? Apa bedanya dengan ponsel biasa? Haruskah Anda menggunakannya sebagai solusi berbagai masalah komunikasi bisnis, atau hanya sekadar mode?

BAB 11

PEMBAHASAN

1. PENGERTIAN BLACKBERRY

BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry sebenarnya adalah sebuah telpon seluler dengan sistem operasi khusus yang disebut dengan BlackBerry. Baik ponsel maupun sistem operasi ini dibuat oleh RIM (Research in Motion), sebuah perusahaan berkedudukan di Kanada yang mengkhususkan pada penyediaan layanan komunikasi nirkabel. Di antara berbagai produknya, yang sekarang sedang menjadi mode di Indonesia adalah ponsel (dan sistem operasi) BlackBerry.

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.

2. MACAM-MACAM BLACKBERRY

Di pasaran Indonesia Setidaknya ada tiga jenis penjualan BlackBerry Yaitu

a) Refurbish

Refurbish adalah BlackBerry (BB) bekas yang dirapihkan kembali dengan mengganti beberapa sparepart agar kelihatan seperti baru, harganya murah

Namun memiliki faktor resiko paling tinggi dibandingkan jenis penjualan BB lainnya. Umumnya dari tampilan fisik BB refurbish ini sulit dibedakan namun akan ketahuan dengan cara membongkar bodynya.

b) Black Market

Istilah ini merujuk pada barang-barang yang melalui jalur tak resmi. Membeli produk BM meskipun itu garansi distributor non-resmi selama 1 tahun harus tetap bersikap waspada. Ini karena produk semacam ini bukan untuk dijual di Indonesia. Sebagai bukti yaitu IMEI-nya tidak terdaftar di Indonesia.

c) Original

Yang dimaksud dengan versi ini adalah produk BB yang melalui jalur resmi.

3. KELEBIHAN BLACKBERRY vs PONSEL BIASA

a. Bisa mengirim email dan menerima email sebanyak-banyaknya dengan satu harga.

b. mengirim email semudah mengirim dan menerima sms, dan tidak perlu ada tambahan biaya.

c. Email sifatnya lebih formal utk bagi orang yang berbisnis, sehingga surat – menyurat lebih mudah dan terpercaya.

d. Bisa melakukan browsing ringan internet, selama website tdk terlalu berat bisa.

e. Bisa menerima RSS dengan bantuan software Vigo.

f. Dapat melakukan chating dengan berbagai macam media baik YM,Gtalk,Blackberry Messengger.

g. Chatting dengan rekan or teman yang ada diluar negeri or dimana pun dengan gratis dan realtime.Dan hasil pembicaran bisa lsg dikirim melalui email jika memang berhubungan dengan bisnis or yang lain2.

h. Untuk pelanggan individu paket nya disebut BIS , harga cukup terjangkau berkisar dari 150-200 rb/bln

i. Operator yang telah mendukung Indosat,(Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati)

j. Bisa digunakan sebagai GPS .

k. Telah didukung teknologi wifi = sehingga jika kita berpergian keluar negeri bisa menerima email dan mengirim email gratis melalui hot-spot ( roaming Muahal bok)

l. Kita bisa mengikuti milis yang kita sukai.sesuai hobby, jadi kita bisa bertemu dengan orang yang mempunyai hobby sama dengan kita.

m. Fungsi Telp ,dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6

n. Dan bila kita sering menerima email dan selama ini kita harus membuka laptop,connect network dulu hanya utk mengetahui jawaban dari rekan bisnis or yg lain, hal ini bisa dipermudah karena, begitu server terima langsung di push di unit tersebut dengan delay krg lebih 20 menit tergantung jaringan.

o. Kemudian jika kita mengirim sms hanya terbatas 160 Karakter kalau email mau 1000 karakter or 5000 karakter bebas dan tidak bayar lagi.

p. Mempunyai blackberry seperti mempunyai dunia sendiri, plus nya adalah kita tidak menganggu orang disekitar kita , negatifnya ya lebih cuek dengan lingkungan kita hehehe.

q. Dan hanya dengan menggunakan blackberry device anda baru bisa meresakan semua manfaat tersebut, karena bila menggunakan hp merk lain dan menggunakan blackberry connect tidak semua fungsi bisa berjalan.

4. EFEK SAMPING BLACBERRY

a) Rela disuruh antri, semakin panjang semakin tenang, gak menunjukkan gejala kekesalan sama sekali.

b) Yang tadinya ngedumel saat macet, sekarang tenaaaaang.

c) . Berharap kena lampu merah berulang-ulang. Kalo lampu berubah jadi ijo malah kesel. Tetep nekad jawabin email/chatting.

d) Sering diklaksonin orang lain, sampe disaranin pasang stiker di belakang mobil "harap sabar, BlackBerry user".

e) Waktu BAB jadi tambah lama. Padahal isinya udah kosong tapi tetep aja nongkrong.

f) Tidur miring nungguin pasangan sambil BB di tangan. Kejar target ngabisin baca email.

g) Suka senyum-senyum sendiri.

h) Gak konsen kerja

i) Bangun pagi yang pertama dicari BB dulu bukan yang lain.

j) Waktu diajak ngobrol orang tetep maksa jawab email/chatting. Cuek. Padahal yang ngajak ngobrol itu kadang bossnya sendiri.

k) Lebih senang disupirin daripada nyetir sendiri. Rela naik busway biar gak usah nyetir.

l) Jadi jarang marah tapi jadi sering dimarahin orang karena diajak ngobrol gak nyambung

m) Kalo di tempat umum suka panik nyari stop kontak. Batere sekarat.

n) Kalo anaknya rewel langsung nunjukkin BB nya buat menghibur.

o) Sering lupa mencet tombol lift. Harusnya naik malah turun. Belum lagi kebablasan lantainya.

p) Kalo ngantri di bank pake nomor antrian, pas dipanggil di speakergak denger. Pas kepala liat monitor kaget. Waks! Harus ambil antrianulang. Tapi tetep tenaaaaang.

q) Langganan koran dan majalah masih tertumpuk rapi tak terbaca.

r) Sering kejedug karena kalo jalan mata tertuju ke layar BB.

s) Bikin tangan ga pernah kosong. Walaupun ga chatting, tetep aja BBdi tangan! Ga bisa taro di kantong, tas.. uda settingannya gitu. BBkejait di tangan.

BAB III

KESIMPULAN

1. BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry sebenarnya adalah sebuah telpon seluler dengan sistem operasi khusus.

2. BlackBerry merupakan teknologi komunikasi yang dapat di katakan sudah taraf lengkap dan canggih, namun selain itu banyak juga efek yang ditimbulkan apabila penggunaannya yang terlalu berlebihan,terutama bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar