Welcome to my blog :)

rss

Jumat, 02 April 2010

DATA DAN SINYAL ANALOG DAN DATA DAN SINYAL DIGITAL PADA TELEPON

MAKALAH

SISTEM TRANSMISI DATA

DATA DAN SINYAL ANALOG DAN DATA DAN SINYAL DIGITAL PADA TELEPON


Disusun oleh:

1. Ratnawati F A410070105

2. Aprilia Wahyu H A410070107

3. Erma Dwi A A410070115

4. Nuzul Putri Delina A410070148

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA

2010

BAB I

PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan lepas dari komunikasi. Sistem komunikasi tentunya mempunyai suatu konsep dasar, kita pun pasti menggunakan sistem komunikasi dalam usaha pertukaran informasi sehari-hari. Bila membicarakan teknologi dan pertukaran informasi, tentu akan sangat dekat dengan alat perangkat keras atau hardware yang berfungsi sebagai penunjang komunikasi. Contohnya adalah sebuah telepon genggam yang didalamnya terdapat microphone. Microphone berfungsi untuk menangkap sinyal analog suara manusia. Lalu sinyal suara tersebut diteruskan ke suatu alat yang mampu mengubah sinyal suara menjadi gelombang elektromagnetik (ADC converter). Kemudian sinyal itu dikirimkan oleh transmitter dan diterima di tempat tujuannya oleh receiver.

Perkembangan teknologi pada jaman sekarang tidak lepas dari perkembangan teknologi digital dan analog, pada awalnya teknologi analog merupakan fondasi dari perkembangan teknologi yang ada. Lambat laun teknologi digital ditemukan, dan teknologi digital bisa dikatakan sangat memajukan teknologi. Lahirnya teknologi digital sangat memajukan teknologi di bidang komunikasi, dan sangat memudahkan kehidupan manusia, namun teknologi analog tidak dapat ditinggalkan, dikarenakan tidak semua teknologi berbasis analog bisa dipindahkan ke dalam teknologi berbasis digital. Selain itu semua aspek kehidupan pasti berbasis analog, contoh yang sering dijumpai adalah seperti suara. Suara yang dihasilkan speaker digital sekalipun outputnya pasti berbentuk analog. Karena sinyal suara merupakan sinyal analog.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Perbedaan antara Teknologi Digital dengan Teknologi Analog

Istilah digital adalah menunjuk kepada jari-jari kaki dan tangan, yang telah dipakai selama ribuan tahun untuk menghitung dan menggambarkan data-data numers. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah siitem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

* Kelebihan teknologi digital :

Memberikan kemudahan dalam penggunaan

Error selalu dapat di koreksi

Memproduksi data terbatas

* Kelemahan teknologi digital :

Malas berfikir

Tidak tahan lama

Memerlukan singkronasi.

Sebelum terjadi perkembangan dari digital moder, hampir semua sistem menghitung dan komunikasi adalah analog. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja seperti contohnya komputer analog. Komputer-komputer analog pada dasarnya adalah alat ukur. Mereka tanggap didalam mengukur kondsi-kondisi yang terus berubah. Komputer analog biasa dipasang dalam mesin-mesin untuk memberikan sebuah informasi dan kendali otomatis.

* Kelebihan teknologi analog :

Tidak mudah dimakan usia

Biaya yang digunakan murah

Hasil yang didapatkan dapat diuji ketepatannya

* Kelemahan teknologi analog :

Tidak efesien

Lambat pengoperasianny

Teknologi digital menggunakan sistem bit dan bite, untuk menyimpan dan memproses data, sistem digital mempekerjakan sejumlah besar switch listrik mikroskopis yang hanya memiliki dua keadaan atau nilai. Switch biner ini bisa dalam keadaan on atau off, satu atau nol, ya atau tidak, hitam atau putih.

2. Penerapan dalam Telepon

* ANALOG – DIGITAL pada Telepon

Simon Haykin dalam bukunya Communication System, mengatakan ”sinyal analog bangkit ketika gelombang fisik seperti gelombang akustik atau cahaya diubah menjadi sinyal elektrik”, contoh dari penggunaan sinyal analog, seperti penggunaan pada telepon.

Bidang komunikasi kini tengah bergerak pada era digital. Teknologi digital berkembang dengan sangat baik dalam menciptakan jenis komunikasi baru dan juga dalam hal menciptakan alat atau sarana penyampaian informasi. Banyak teknologi lama yang posisinya tergantikan oleh teknologi digital. Kalau ada teknologi baru yaitu sistem digital, maka ada juga teknologi lama, teknologi lama masih menggunakan sistem analog dalam menciptakan dan memproses suatu informasi. Sebagai contoh, di Jakarta kini sudah jarang orang yang menggunakan fasilitas telepon umum. Kebanyakan dari mereka telah beralih ke teknologi telepon genggam, yang kini semakin berkembang, juga semakin bersaing dalam meningkatkan mutu pelayanannya, juga menjual produknya.

Konsep dasar teknologi digital merupakan proses pengiriman data dalam bentuk dua simbol, “0 dan 1” atau “off dan on.” Identik dengan stop kontak. Dengan menggunakan sistem digital ini, informasi yang dikirimkan merupakan perpaduan denyutan listrik yang terdiri dari beberapa kombinasi data off-on. Kombinasi inilah yang diterjemahkan menjadi data. Contoh: gambar kamera video yang telah diubah menjadi bentuk digital. Bentuk digital tersebut mewakili element gambar (pixel).

Sinyal analog dan sinyal digital dan segala peralatan dan juga sistemnya pada dasarnya tidak kompatibel dan tidak sama satu sama lain. Ini yang membuat diciptakannya alat pengubah sistem analog menjadi digital dan juga pengubah sistem digital ke analog. Alat ini sangat penting, karena membuat kita dapat mengambil kelebihan dari sinyal analog dan juga sinyal digital.

Sistem konfersi ada dua. Pertama, analog ke digital: Tujuannya agar sinyal analog dapat dibaca dengan jelas oleh peralatan yang berbasis digital. Untuk mencapai kesinambungan maka digunakanlah konversi ADC (analog to digital converter). Kedua, digital ke analog: Dalam hal ini tetapi sinyal digital tetap dianggap lebih baik dari sinyal analog. Sinyal ini dianggap lebih akurat dan lebih tahan lama daripada sinyal analog. Selain itu juga proses penyimpanan data digital lebih mudah dan cepat daripada sinyal analog yang selain lebih sulit, juga dapat terjadi pengurangan kualitas saat sering mengalami proses pemindahan. Tetapi sinyal digital juga memiliki kekurangan seperti halnya di Indonesia, negara kita masih banyak menggunakan sinyal analog seperti televisi, radio, dan juga telepon. Karena itu, biaya untuk serba digital tidak murah kalau untuk mengubah banyak peralatan analog untuk dijadikan digital.

Dari hasil “pertarungan” antara sistem digital dan juga sistem analog, maka diciptakanlah sebuah standar yang mengatur secara teknis peralatan dan juga sistem komunikasi. Standar ini mengatur bagaimana sebuah informasi dihasilkan, disimpan dan dipertukarkan. Standar ini dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa ada yang wajibkan secara hukum. Ada juga standar lain yang secara sukarela digunakan atau memang pada kenyataannya standar itu saja yang bisa digunakan.

· Kelebihan Teknologi Digital pada Telepon

Teknologi digital mempunyai suatu sinyal dalam bentuk digital yang mampu mengirimkan data yang berbentuk kode binary (0 dan 1), sinyal digital juga mampu mengirimkan data lebih cepat dan tentunya dengan kapasitas yang lebih besar dianding sinyal analog. Teknologi digital juga memiliki tingkat kesalahan yang kecil, dibanding sinyal analog. Selain itu, data akan utuh dan akan lebih terjamin pada saat dikirimkan atau ditransmisikan. Saat keadaan hujan, petir, badai, intinya bila cuaca buruk, sistem digital tetap akan stabil dalam proses transmisi atau yang biasa disebut sebuah pengiriman. Dalam sistem Teknologi digital terdapat sistem yang biasa disebut ISDN (Integrated Service Digital Network), sistem ini, memungkinkan sebuah jaringan tunggal untuk berbagai keperluan yang bermanfaat tentunya, contoh: flashdisk, Hard-disk external.

* Kerugian Teknologi Digital pada Telepon

Adapun kerugian-kerugian dalam menggunakan teknologi digital. Teknologi digtal termasuk yang mudah error sehingga mengganggu transmisi. Selain itu di dalam teknologi digital bila terjadi gangguan maka sistemnya akan langsung berhenti, contoh dalam Indovision, bila terjadi gangguan satelit, maka gambar akan langsung hilang, lalu di jaman sekarang, terjadi dominasi teknologi yang serba digital, sehingga membuat beberapa data yang masih berbentuk analog menjadi sulit untuk diaplikasikan atau digunakan, dan banyak perusahaan yang harus mengadaptasi sistem digital, dan tentu mereka harus merevisi sistem mereka.

Model Sinyal Digital

* Kelebihan Teknologi Analog Telepon

Walau dalam perkembangannya teknologi analog sudah tidak banyak yang dipakai, namun sinyal analog tidak benar-benar ditinggalkan begitu saja, karena masih ada sinyal analog yang merupakan sinyal inti dari proses teknologi digital, sebagai contoh : seperti dalam musik, yaitu teknologi keyboard. Walau keyboard memproses dengan sistem digital, namun proses input dan outputnya berupa suara tetap menggunakan teknologi analog.

Model Sinyal Analog

Cara telepon bekerja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar